PT ROMULO NUSANTARA PERKASA

 

 

KEIM Silicate Mineral

Consistently Mineral Since 1878

GEDUNG ROTTERDAM


Gedung yang dirancang oleh Arsitek (Ed Cuypers En Hulswit) Gedung ini mempunyai teras pada bagian barat, sedangkan sisi selatannya tak berteras. Lantai dasar dahulu di gunakan kantor Rotterdamsche Lloyd (de llyod), sementara pintu masuk rotterdam Interantio ada di tengah - tengah dinding depan, menghadap jalan. Pintu - pintu pada bangunan ini hanya terdapat di lantai bawah, semua tembok di pasang di atas beton bertulang yang di bentuk dari pasir dan batu kapur. kedua lantai gedung dan semua pilar serta tangga utama di bangun dengan beton bertulang. Tangga dan lobi atas dibuat mewah, dengan anak - anak tangga yang dilapisi bata keras yang diminyaki, sehingga tampak seperti marmer hitam yang di poles. lampu - lampu atas di lobi dihiasi kaca pada jendela, yang didalamnya terdapat berbagai emblem dan tanda pengenal keturunan, kota atau negara. Bangunan ini bergaya belanda.

Bangunan luas ini adalah gedung keempat di Batavia yang rancangannya di buat oleh Ed Cuypers En Hulswit di bangun pada tahun 1913. Bentuknya memanjang dari jalan kali besar timur hingga ke jalan pintu besar utara. Gedung Cipta Niaga awalnya milik perusahaan Intenationale Credit en handelsvereeniging rotterdam. perusahaan ini merupakan satu dari lima perusahaan besar di hindia belanda, dikenal sebagai The big Five yang khususnya bergerak di bidang perbankan dan perkebunan. 
Bangunan di sebelahnya, bangunan G Kolff & Co, di sudut Jalan Kalibesar Timur III, dan Jalan Kalibesar Timur, juga menjadi milik PT Tjipta Niaga. Bangunan dari tahun 1860 ini adalah bekas toko buku pertama di Batavia. (credit title http://silvanaekasari.blogspot.co.id/2013/05/gedung-cipta-niaga-rotterdam-internatio.html)

Produk:
- KEIM Royalan 
- KEIM Royalan Dilution

 


-->